17.3.01

Sejarah GEMINI

Di dalam mitologi yunani, konstelasi Gemini diciptakan oleh Zeus, raja para dewa, untuk menghormati si kembar Castor dan Pollux. Ibu mereka adalah Leda, ratu Sara; tetapi Castor adalah anak laki-laki raja Sparta yang mortal (dapat mati), sedangkan Pollux adalah anak laki-laki Zeus yang immortal (tidak dapat mati).

Si kembar itu terkenal sebagai ksatria yang gagah berani. Di dalam kehidupan mereka tidak dapat dipisahkan, tetapi Castor ditakdirkan untuk mati. Pollux yang patah hatinya, memohon Zeus untuk membiarkannya mati juga sehingga ia dapat bertemu dengan saudaranya. Zeus berkompromi, dan mengharuskan sejak saat itu kedua saudara kembar itu dipisahkan, masing-masing akan menghabiskan separuh waktunya di Gunung Olympus, yang separuh lagi di Hades.

Gemini mencerminkan dualitas Zodiak yang mempengaruhinya, sering digambarkan sebagai dua orang. Gemini kadang-kadang menjadi Castor yang mortal, yang memperhatikan dunia materi, dan kadang-kadang Pollux yang immortal, yang hidup di dunia spiritual Olympus. Tetapi apakan Castor atau Pollux, Gemini tampak selalu mencari saudara kembarnya, mencari dirinya yang lain.

1 komentar: